Minggu, 24 Agustus 2008

Sikap rendah hati

Sikap rendah hati

"BAGAIMANAKAH hubungan antara bersikap rendah hati dengan ajaran inti yang dibawa oleh Rasulullah Saw, Tuan?" tanya seorang murid kepada Abu Qubaisy yang ketika membuka majelis taklimnya pagi itu berbicara banyak mengenai tawadduk.

"Dalam salah satu hadisnya yang banyak dikutip orang, Rasulullah Saw menyatakan bahwa beliau diutus terutama untuk memuliakan akhlak. Dan beliau bukan hanya bicara tentang akhlak mulia, tapi memberikan contoh di sepanjang usia beliau. Salah satu sifat beliau adalah selalu rendah hati. Kepada pengikutnya seringkali beliau berkata bahwa beliau adalah manusia biasa seperti juga manusia-manusia yang lain. Tawadduk itu sikap rendah hati, salah satu wujud dari akhlak mulia. Jadi, antara tawadduk dengan inti ajaran yang dibawa Rasulullah Saw yaitu akhlak mulia, bukan hanya memiliki relasi, tapi justru manunggal.

Di dalam Al-Quran Surat Al-Syu'ara ayat 215 antara lain Allah berfirman, 'Rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang meng-ikutimu dari orang-orang Mukmin.' Di ayat ini jelas Allah Swt menitahkan bersikap rendah diri yang maksudnya adalah rendah hati," jelas mahaguru yang luas ilmu dan pengetahuannya itu.

Mendengar penjelasan tersebut, murid yang tadi bertanya dan juga beberapa yang lainnya, sama-sama menganggukkan kepala.

"Dengan adanya titah untuk bersikap rendah hati itu, berarti orang tidak boleh sombong. Bahkan seorang pemimpin pun tidak boleh sombong dalam hidup ini. Karena dalam titah tersebut ada pula pesan untuk berendah hati terhadap para pengikut. Yang memiliki pengikut tentulah seorang pemimpin," komentar salah seorang murid dengan agak ragu.

"Betul. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah Saw bersabda, 'Sesungguhnya Allah telah memberi wahyu kepada saya, hendaklah kamu merendahkan diri, sehingga tidak ada sifat sombong di antara satu dengan yang lain, dan tidak ada kedurhakaan antara satu dengan yang lain.' Kata Abu Qubaisy merespons komentar muridnya seraya menutup majelis taklim karena waktunya habis.mr-harianterbir

Tidak ada komentar: