Jumat, 05 September 2008

7 Alasan Berumrah

7 Alasan Berumrah


Memang tujuan utama berumrah adalah menunaikan ibadah. Namun, setiap orang tentunya membawa misi pribadi. Nah, apa saja misi itu? Cari tahu yuk!

1. Menikah
Menikah sendiri sudah merupakan ibadah. Apalagi jika menikah sambil berumrah. Selain lebih ijab kabul makin khusyuk, pahalanya juga makin berlipat. Tak heran jika belakangan ini menikah di Tanah Suci, sambil menunaikan ibadah umrah, menjadi tren.

2. Bulan Madu
Alasannya berikutnya tentu berbulan madu sambil ibadah. Banyak yang mengatakan rasanya lebih mantap karena dapat beribadah bersama pasangan. Selain beribadah dan memanjatkan doa semoga lekas diberi keturunan, di sana mereka juga bisa berjalan-jalan menikmati bulan madu.

3. Mencari Ketenangan Hati
Tak sedikit pula yang pergi berumrah untuk mencari jawaban atas masalah yang sedang dialami. Mereka berharap dengan beribadah dan berdoa di Tanah Suci dapat menyelesaikan masalah mereka. Atau setidaknya menenangkan hati untuk kemudian bisa mencari solusi.

4. Jalan-Jalan
Semua orang sudah maklum, pergi ke Tanah Suci sekarang ini tidak melulu urusan ibadah. Bahkan terkadang tambahan mengunjungi negeri Timur Tengah seperti Mesir atau Turki menjadi daya tarik sebuah paket wisata ibadah. Pelesiran sudah merupakan salah satu imbuhan menyenangkan dalam berumrah karena bisa mengunjungi banyak tempat baik untuk mencari hiburan, shopping, maupun ke tempat bersejarah.

5. Belanja
Jangan tanya. Ini adalah hiburan utama yang ‘wajib’ dilakukan para peziarah umrah atau haji. Istilahnya, rugi kalau tak menyempatkan diri berbelanja Selain karena barang-barangnya murah, kita kan juga perlu oleh-oleh untuk dibawa pulang. Wah, ini pelesir sambil ibadah atau ibadah sambil pelesir ya?

6. Berharap Jodoh
Pernah mendengar Jabal Rahmah? Tempat ini terletak di Padang Arafah. Jabal Rahmah yang berarti bukit penuh rahmat memang selalu dipenuhi peziarah karena mempunyai sejarah penting dalam Islam. Dikisahkan, di bukit inilah Nabi Adam dan Hawa bertemu kembali setelah berpisah selama 100 tahun saat diturunkan dari surga ke bumi. Konon tempat ini merupakan tempat terbaik untuk berdoa meminta jodoh. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu situs yang wajib dikunjungi kalau berumrah ataupun haji. Para lajang yang berharap segera mendapatkan jodoh atau para ibu yang ingin anaknnya segera menemukan jodoh pasti akan datang ke tempat ini untuk berdoa. Tertarik ke sana?

7. Memenuhi Janji
Ada juga yang pergi berumrah karena untuk memenuhi janji atau nazar jika berhasil atas suatu ‘perjuangan’. Namun, banyak juga yang merasa setelah melihat keagungan Ka’bah yang mungkin tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, berharap bisa kembali lagi suatu hari nanti.

Rindu Ingin Kembali
Bagi yang pernah ke Tanah Suci, memang selalu ada kerinduan untuk kembali ke sana. Apalagi saat mengetahui bahwa salat fardhu berjamaah di Masjidil Haram, misalnya, mendapatkan ganjaran pahala 100.000 kali lipat atau satu kali salat di Masjid Nabawi pahalanya lebih besar 1.000 kali salat di masjid lain. Alasan ini juga yang membuat orang kembali untuk menunaikan umrah ataupun haji untuk kedua, tiga dan seterusnya.

Anda merencanakan berangkat umrah, tapi sulit mengumpulkan uang. Mengapa tak mencoba menabung dulu? Sejumlah bank, terutama bank syariah, sudah memiliki program tabungan untuk haji dan umrah. Misalnya, Tabungan Mabrur dari Bank Syariah Mandiri atau Tabungan Taharoh dari bank DKI Syariah.
Untuk memulai menabung caranya pun mudah. Cukup dengan setoran awal Rp 500.000, Anda sudah bisa memiliki tabungan haji atau umrah. Untuk setoran berikutnya, Anda bisa memasukkan minimal Rp 100.000 ke dalam rekening tersebut.

Ada cara lain yang bisa Anda tempuh untuk berangkat umrah yaitu dengan mencicil biaya umrah. Cara yang dijalankan oleh sejumlah agen perjalanan memberikan keleluasaan pada calon jamaah untuk mencicil biaya umrahnya sesuai kemampuan. Namun, tetap ada catatannya. Seluruh biaya harus dilunasi dua minggu sebelum tanggal keberangkatan. Wah, boleh juga tuh dijajaki..mr-kompas

Tidak ada komentar: